Friday 27 November 2015

Pancasila Masa Kini

Unknown     23:00    


Kalau kita bicara indonesia pasti tidak luput dengan kata pancasila sebagai ideologi bangsa kita, penerapan nilai-nilai pancasila di era globalisasi sekarang ini perlu di pertanyakan fungsi dan kedudukannya sebagai ide/asas negara republik indonesia, tentu kita semua tau bahwansannya banyak generasi-generasi yang tidak bisa menerima,mengamalkan asa-asa itu di dalam kehidupan bermasyarakat sehingga apa yang dia lakukan tidak sesuai dengan ajaran pancasila dan mengekibatakn kesalahan serta kerusakan
moral pada generasi masa kini.
Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa dan negara indonesia, bukan terbantuk         secara mendadak serta bukan hanya diciptakan oleh seseorang sebagaimana yang terjadi pada ideologi-ideologi lain di dunia, namun terbentuknya pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa indonesia. Secara kuasalatitas pancasila sebelum disyahkan menjadi dasar filsafat negara nilai-nilainya telah ada dan berasal dari bangsa indonesia sendiri yang berupa nilai-nilai adat-istiadat, kebudayaan dan nilai-nilai religius.
Kemudian para pendiri bangsa indonesia mengangkat nilai-nilai tersebut dirumuska secara musyawarah mufakat berdasarkan moral yang luhur anatara lain dalam sidang-sidanag BPUPKI pertama, sidang panitia sembilan yang kemudian menghasilkan piagam jakarta yang memuat pancasila yang pertama kali, kemudian di bahas lagi dalam sidang BPUPKI kedua. Setelah kemerdekaan indonesia sebelum sidang resmi PPKI pancasila sebagai calon dasar filsafat negara di bahas serta disempurnakan kembali dan akhirnya pada tanggal 18 agustus 1945 di syahkan oleh PPKI sebagai dasar filsafat negara republik indonesia.
Indonesia adalah bangsa yang besar bangsa yang kaya akan budaya,bahasa,suku,ras, dan agama, kita tentu bangga menjadi orang indonesia yang notabeni bangsa yang besar di dunia, tapi permasalahannya apakah kita mampu dan bisa mengelolah sumber-sumber yang ada sedangkan SDM masih perlu dipertanyakan, tentu ini tidak lepas dari peran pemerintah sebagai penguasa di negeri ini, perintah harus bersiku tegas,keras dan demokrasi, berkeingin untuk menumbuhkan,meningkatkn SDM dengan memnuhi pasilits pendidikan,kesehatan, dan prekonomian.
Sebentar lagi AEC (Asean Economic Community) akan diresmikan di indonesia, dengan adanya AEC di indonesia tentu kita sebagai generasi penerus bangsa bisa menaggapi dengan kritis dan bijak apakah  AEC  bisa menguntungkan atau sebaliknya, dengan adanya itu mau tidak mau kita harus siap membangun bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri bisa sejajar dengan negara-negara maju di dunia.
Sekarang ini bangsa kita berada di zona keterpurukan, kita semua adalah milik indonesia dan indonesia adalah milik kita tentu seharusnya kita sadar dan terbuka akan peristiwa-peristiwa,perubahan-perubahan yang terjadi di negeri ini.
 Cinta tanah air bukan hanya di buktikan di mulut saja tetapi harus dilakukan dengan pembuktiaan tindakan yang benar, raih prestasi demi mengharumkan nama baik bangsa kita, bergerak maju terus tanpa mundur meski beribu-ribu rintangan dan cobaan menghampiri dan menghalang kita untuk memajukan bangsa ini.

                                                         
Sumber:
Materi yang  diberikan di mapaba rayon fisip aAd-Dakhil  PMII country unitri dan dikembangkan oleh brain dan logika penulis sendiri.

Penulis adalah salah satu mahasiswa ilmu  komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas tribhuwana tunggadewi malang, Angkatan  2015

0 comments :

About us

Office : Jl. Telagawarna Blok D Nomer 2 Kelurahan Telogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur

Salam Redaksi

Kritik dan Saran Kami Sangat Mengharpkan dari Para Kader dan Pembaca, Agar Kedepannya Isi Maupun Conten Bisa Kami Sajikan Lebih Baik
© 2011-2014 MEDIA ONLINE "Ad-dakhil". Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.