Wednesday 21 October 2015

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Unitri

Unknown     21:49    


  PMII - Organisasi mahasiswa berinduk nasional yang beranggotakan mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Organisasi ini berdiri pada tanggal 20 Oktober 2004. PMII Unitri Malang berada pada lingkungan bais kaderisasi di bawah koordinasi Pengurus Cabang PMII Kota Malang. Hingga sekarang, PMII Unitri sudah mempunyai tiga rayon di bawah koordinasinya antara lain PMII Rayon Revolusi (Fakultas Ekonomi), PMII Rayon Fisip Ad-Dakhil (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), dan PMII Rayon Nusantara (Fakultas Pertanian, Teknik dan Kesehatan). Landasan organisasi PMII adalah Pancasila, sesuai dengan BAB II, pasal 2 Anggaran Rumah Tangga (ART PMII). Selain itu PMII
bersifat keagamaan, kemahasiswaan, kebangsaan, kemasyarakatan, independensi dan profesional, dengan tujuan terbentuknya pribadi muslim Indonesiayang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.
Sejarah
Makin kuat dan luasnya medan gerakan mahasiswa di luar kampus, serta berbagai kegiatan fakultas yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi di luar kampus membuat sekelompok kecil mahasiswa membuat sebuah kelompok diskusi dan kajian bernama Lingkar Studi Transformatif (LST). Namun karena arus interaksi dan aktualisasi masih dianggap kecil dan belum mampu mengakomodasikan sebuah semangat pembebasan, maka dibutuhkan sebuah organisasi besar yang mempunyai ideologi, azas, serta tujuan besar yakni demi Islam dan Indonesia. Gerakan sekelompok kecil mahasiswa-mahasiswi yang terus melaju akhirnya menemukan wadah untuk mewujudkan tekad dan niat tulus dalam mengaplikasikan diri sebagai insan ulul albab yakni Pergerakkan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dengan harapan mampu menjembatani prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Di organisasi inilah keindonesiaan dan keislaman mampu direaliasasikan sebagai gerakan intelektual yang membumi lagi membasis kuat dan berpihak pada kaum tertindas. Para pendiri PMII Unitri mencita-citakan agar organisasi dapat terus membakar semangat kader-kadernya. Dan menuntut tanggung jawab masing-masing insan ulul albab untuk mengamalkan ilmu dan terus memupuk kekuatan, dalam rangka menjadikan seluruh aktivis mahasiswa-mahasiswi sebagai pembawa perubahan besar bagi perjalanan bangsa Indonesia.

CIKAL BAKAL “PERJUANGAN PMII COUNTRY”

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) “Country” menggelar Istighosah dan refleksi Harlah ke-11 Tahun, acara tersebut digelar di Masjid Miftahul Jannah, Blok E, Jl. Telaga Warna, Tlogomas, Malang.
Dengan usia yang telah menginjak dewasa, ada banyak harapan untuk masa depan PMII Country kedepan.
Seperti yang disampaikan oleh Mastodi, PMII Country hadir di lingkungan kampus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang memiliki cita-cita besar, bahkan lebih besar dari harapan kita ketika masuk di dalam dunia akademik.
“Jika mahasiswa mampu menangkap pengetahuan dengan teori-teori secara moduliyah, maka PMII memberi lebih dari segala ilmu dan pengetahuan” tukas salah satu alumnus Program Studi Ilmu Komunikasi ini.
Todi menambahkan Meskipun harapan itu tidak berujud dengan tumpukan material dan kekayaan harta berlimpah yang mudah dilihat oleh panca indra manusia pada umumnya, namun harapan itu berwujud terhadap nilai-nilai pribadi para faunding father PMII. Seperti Mahbub Junaidi, Ahmad Zamroni tambah aktivis angkatan 2006 tersebut.
“Ketika kaki kita telah menginjak di bumi arema. Sejak “Country” berdiri sampai saat ini kurang lebih berusia 11 tahun, kita pernah terbersit dengan cita-cita besarnya, ketika melihat seseorang atau tokoh yang bersejarah di tanah air bahkan nusantara. Mereka lahir dari pendidikan organisasi-organisasi pemuda” sambungnya.
“Para faunding father PMII hadir di Indonesia. Bahkan PMII saat ini menjadi ruh nusantara dalam kiprahnya baik dalam kemampuan pengetahuan maupun dalam bidang lainnya”. Tuturnya, mengakhiri percakapan.
Pendiri PMII Unitri
1.     Ronall Junia Warsa (Arsitektur Landscape)
2.     Mulyadi Muhammad (Teknologi Industri Pertanian)
3.     Arlino (Teknologi Industri Pertanian)
4.     Feri Kurniawati (Administrasi Niaga)
5.     Syaiful Anwar (Teknik Kimia)
6.     Herman Susilo (Arsitektur Landscape)
7.     Ida (Administrasi Niaga)
8.     Tomi Kurniawan (Teknik Kimia)
9.     Umam (Peternakan)
Daftar Ketua Komisariat PMII Unitri Malang
·         Syaiful Anwar (periode 2004 - 2005)
·         Fathor Rozi (periode 2005 – 2006)
·         Sugianto (periode 2007 – 2008)
·         Akhmad Fauzi Dimyati (periode 2008 – 2009)
·         Misrawi (periode 2010 – 2011)
·         Ach. Faisol Arifin (periode 2011 – 2012)
·         Ahmad Fairozi (periode 2012 – 2013)
·         Latifiyanto(periode 2013-2014)
·         Aang mardiyanto(Periode 2014-2015)
·         Muhlas Adi Putra(periode 2015-Sekarang)
Daftar Direktur Korps PMII Putri (Kopri) Unitri Malang
·         Karti Fatnisah Brawijayanti (periode 2011 – 2012)
·         Subaida (periode 2012 – 2013)
·         Munawara (periode 2014 – 2015)
·         Rara Zarary
·         Tri Agus Wulantari (periode 2015 – Sekarang)

Penulis: Salah  Satu Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi malang

0 comments :

About us

Office : Jl. Telagawarna Blok D Nomer 2 Kelurahan Telogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur

Salam Redaksi

Kritik dan Saran Kami Sangat Mengharpkan dari Para Kader dan Pembaca, Agar Kedepannya Isi Maupun Conten Bisa Kami Sajikan Lebih Baik
© 2011-2014 MEDIA ONLINE "Ad-dakhil". Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.