Friday 27 November 2015

Mahasiswa Secara Definitif

Unknown     22:29    



mahasiswa adalah pelajar yang setelah  dari jenjang SLTA, ia melanjutkan untuk kuliah di perguruan tinggi/kampus. Pada awal kata “mahasiswa” disitu ada tambahan kata “maha”, yang berarti derajatnya diatas dari siswa yang (SD, SLTP, dan SLTA.)

Dalam pembelajarannya mahasiswa begitu berbeda daripada siswa, kalau siswa kita hanya dituntut untuk mendengarkan penjelasan dari guru, kemudian di kasih tugas. Dan tidak jarang ketika mengerjakan tugas, kita masih bergantung (copy paste) kepada orang lain/teman. Kemudian pada konteks materinya, 80% kita dapatkan didalam sekolah kemudian 20% kita dapatkan diluar sekolah.
Berbeda dengan mahasiwa, kalau mahasiswa ini, ketika berproses di kampus ia lebih dituntut untuk aktif, kritis, mandiri, dan lebih dewasa lagi. Dalam pembelajarannya kita lebih sering menganalisa dan menguji teori-teori yang ada. Kemudian dalam konteks materinya juga kebalikan dari siswa, dikampus hanya didapatkan 20% namun diluar kita bisa dapatkant 80%, itulah yang membedakan antara mahasiswa dengan siswa.

Mahasiswa merupakan ujung tombak dalam perubahan bangsa/ NKRI, dalam konteksnya ia dituntut untuk menjadi leader of future dengan peran, antara lain:
-            Agent of Changes
-            Agent of Development
-            Agent of Social Control
-            Iron Stock
Agent of changes, kalimat tersebut artinya kita sebagai mahasiswa harus menjadi agen perubahan bangsa ke ranah yang lebih baik. Namun sebelum kita merubah bangsa atau merubah hal lain, kita harus merubah diri kita sendiri dulu, maksudnya kepribadian, tindakan, atau perilaku yang ada pada diri kita, kita perbaiki dahulu, kemudian setelah kita bisa merubah diri kita baru kita bisa merubah bangsa dan tatanan negara ke yang lebih baik.

Agent of development, yang artinya agen pembangunan. Kalimat disini bukan berarti menyuruh kita untuk menjadi kuli bangunan atau arsitek, namun maksud dari kalimat ini adalah kita dituntut untuk menjadi agen pembangunan tatanan pemerintahan bangsa Indonesia ke yang lebih baik. Kita sebagai mahasiswa jangan cuma diam dan mengikuti perkembangan negeri yang ada, kita juga harus ikut andil dalam perkembangannya karena kita merupakan mahasiswa sebagai agen pembangunan bangsa membawa bangsa ke ranah yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Agent of social control atau agen pengontrol dan mengawasi arus didalam bermasyarakat. Kita secara tidak langsung selalu akan bermasyarakat, ketika ke kampus kita akan bertemu masyarakat kampus dan saat dirumah/kos kita akan bermasyarakat dengan masyarakat disekitar rumah/kos. Dan bahkan ketika kita pulang ke kampung halaman kita masing-masing, kita juga akan bermasyakat didalamnya. Kemudian disitulah tugas kita diuji, kalau misalnya ada kebijakan dari pemerintah yang tidak sesuai dengan kondisi masyarakat, mahasiswa harus segera bertindak karena mahasiswa sebagai agent of changes, kita berkewajiban untuk merekonstruksi  kebijakan yang tidak sesuai dengan keadaan masyarakat, supaya kebijakan tersebut bisa diklarifikasi dan bisa diterima oleh masyarakat kita.

Iron stock atau suku cadang/pengganti yang lebih baik dari generasi lama. Mahasiswa selain dituntut untuk memenuhi ketiga point diatas, mahasiswa juga harus menjadi pengganti/penerus generasi yang lama untuk membawa bangsa menuju tatanan yang lebih baik. Makanya untuk mempersiapkan itu, kita harus mempunyai nilai tawar yang tinggi, atau dalam arti lain kita harus mempunyai nilai produktivitas yang mumpuni agar menjadi penerus tongkat estafet perubahan bangsa menuju ranah yang lebih baik dan produktif dari sebelumnya.

Kita merupakan leader di masa depan, untuk itu kita persiapkan diri kita untuk terus berproses dikampus dan di organisasi, di organisasi PMII khususnya. Untuk  terus mengasah kemampuan kita untuk menjadi agent of changes, agent of development, agent of social control, dan iron stock untuk membawa kehidupan bangsa dan negara ke ranah yang lebih baik.

Sumber:
Materi yang telah diberikan di PMII dan dikembangkan oleh brain dan logika penulis sendiri.

Penulis adalah salah satu mahasiswa ilmu  komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas tribhuwana tunggadewi malang, Angkatan  2015


0 comments :

About us

Office : Jl. Telagawarna Blok D Nomer 2 Kelurahan Telogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur

Salam Redaksi

Kritik dan Saran Kami Sangat Mengharpkan dari Para Kader dan Pembaca, Agar Kedepannya Isi Maupun Conten Bisa Kami Sajikan Lebih Baik
© 2011-2014 MEDIA ONLINE "Ad-dakhil". Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.